Senin, 13 Juli 2015

Mengantuk....why?

Mengantuk, memang sebagai prasayarat manusia sebelum tidur, namun bagaimana jika ngantuk saat kita mau belajar ujian? bagaimana jika kita mengantuk saat kita mau kerja? mengantuk saat membaca dan  ini yang paling sering terjadi dalam hidup gue dan mungkin agan2 semua....ngantuk pas mau sholat...pasti...haha...

sebab kita mengantuk ada beberapa hal:
1. kurang olahraga
olahraga menjadi hal penting yang menyebabkan tubuh kita mudah lelah, tubuh yang tidak pernah olahraga menjadi lemah, peredaaran darah tidak lancar sehingga ketika melakukan kegiatan sedikit berat, maka mata akan mengantuk hebat...sehebat mata memandang...ups...itu sejauh ya,,,,sorry...

2. terlalu kenyang
karena ini dibuat saat bulan puasa, pengalaman ane kalo habis buka, udah dekat kasur...bye bye tarawih...untung gua anak bariman walau telat tetap berangkat.haha...jangan makan terlalalu kenyang karena jika dari agama islam, alkisah seorang nabi yang terlalu kenyang maka kakinya dirantai setan sehingga dia malas melakukan ibadah dan akhirnya meninggalkan kebaikan-kebaikan. kali dilihat dari kesehatan, terlalku banyak mengkonsumsi karbohidrat akan menyebabkan ngantuk.


3. kegiatan monoton
yang saya maksud disini adalah kegiatan-kegiatan yang baik, contoh: membaca buku pelajaran, umumnya sebagian dari kita akan ngantuk luar biasa kalo disuruh membaca buku pelajaran, tapi kalo disuruh nonton, apalagi nonton film korea..udah dua hari dua malam juga gak bakal ngantuk tuh mata....(pengalaman...eh....kok ngaku.haha....)

4. anemia
anemia merupakan suatu penyakit dimana zat besi kurang dari normal sehingga oksigen yang diankut oleh sel darah merah tidak cukup untuk menyuplai otak, hal ini juga bisa memicu timbulnya rasa ngantuk.
 
5. diabetes
Penyakit diabetes atau kemcing manis ini juga dapat memicu timbulnya rasa ngantuk. pada orang yang menderita diabetes, akan cenderung merasa lemas dan mengantuk karena kekurangan energi. Hal ini terjadi karena gula yang merupakan sumber energi tidak bisa diserap oleh tubuh.

tips agan tidak mengantuk :

1. Cukup istirahat atau tidur
kita pasti akan ngantuk berat jika kita kurang istirahat, untuk normalnya kita tidur 8 jam sehari, kurang boleh lebih jangan.

2. Minum air putih
air putih sangat membantu menyegarkan kondisi tubuh kita saat sedang lelah.

3.Cuci muka
cucilah muka anda agar segar kembali

4. isitrahat sejenak
keluarlah dari aktivitas anda sebelumnya untuk mencari udara segar, sehingga tubuh anda segar kembali

5. minum kopi
ini cara tidak saya rekomendasikan gan, karena apa gan??? menurut faktwa terbaru bahwa kopi itu haram gan? wah kok bisa, saya tanya kesumber yang gak jeas dia menjelaskan kenapa kopi sekarang diharamkan karena minum kopinya satu ember....#@$%@%...(pantes.hehe....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar