Kamis, 19 November 2015

4 Langkah Cara Menghilangkan Rasa Malas

Langkah pertama adalah :

Memicu Tindakan Pertama

Kemalasan seperti menggelindingkan bola salju. Awalnya bola kecil, selanjutkan akan menjadi bola besar dan tidak bisa dihentikan. Begitu juga dengan Anda, jika sifat malas itu kita biarkan lama-lama akan menghancurkan diri kita. Anda merasa berat melangkah atau bertindak, maka langkah awalnya ialah untuk “memaksakan” Anda untuk mengambil langkah pertama.

Untuk memulai tindakan atau langkah pertama memang diperlukan dorongan besar. Seperti sebuah kendaraan, untuk memulai diperlukan tenaga yang besar. Oleh karena itu Anda akan selalu memulai dengan gigi 1, sebab gigi 1 memiliki torsi paling besar. Setelah jalan, Anda bisa pindah ke gigi 2,3,4, bahkan 5. Gigi 4 atau 5 tidak memiliki torsi yang besar, tetapi karena sudah menggelinding, torsi yang dibutuhkan menjadi lebih kecil. Untuk itu, saya akan membantu mendorong Anda untuk mengambil tindakan.

Barikut adalah tips untuk menghilangkan rasa malas :
 1. Melakukan Olahraga Secara Rutin
Olahraga adalah sebuah aktivitas yang perlu Anda lakukan karena aktivitas olahraga saat ini menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda rutin melakukan olahraga maka akan tertanam rasa semangat di dalam tubuh terasa seperti tidak ada habisnya. Rasa malas kadang juga disebabkan karena tubuh kekurangan asupan gizi serta vitamin dan juga kurangnya olahraga.
2.Membuat Pola Hidup yang Lebih Baik
Rasa malas sering kali muncul pada diri kita karena pola kehidupan yang kita jalani tidak teratur, malah cenderung berantakan. Contoh sederhananya adalah seseorang yang bangun kesiangan akan cenderung untuk tidak merapikan tempat tidur karena buru-buru untuk memulai aktivitasnya. Hal ini akan berdampak buruk pada aktivitas lain pada hari itu. seperti ruangan kerja yang berantakan, penyimpanan dokumen atau arsip tidak tertata dengan baik, catatan-catatan penting yang tidak tersimpan pada tempatnya sehingga membuat Anda semakin malas dalam bekerja.
Jika sudah demikian parahnya dan hal itu berlangsung dalam waktu yang lama, tanpa Anda sadari kebiasaan-kebiasaan itu akan membuat Anda terjangkit rasa malas tingkat akut. Oleh karena itu mulai dari sekarang pastikan semua hal yang berantakan dalam hidup Anda disusun kembali agar lebih rapi dan teratur. Anda bisa memulainya dengan bangun lebih pagi, dan mulai membersihkan tempat tidur dan diri Anda sendiri agar lebih segar dalam menjalani aktivitas rutin. Selain itu hal penting yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah jadwal secara mendetail aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari itu.



3. Set Prioritas

Set prioritas yang akan anda kerjakan hari ini, karena banyak menunda-nunda sesuatu akan membuat beban serta pekerjaan kita semakin menumpuk dan ujung-ujungnya Anda akan menjadi malas mengerjakan pekerjaan tersebut. Dan parahnya lagi pada esok hari kemalasan Anda akan semakin berlipat ganda karena banyaknya pekerjaan menumpuk yang belum kamu selesaikan.
4.Hindari Kebiasaan Duduk di Sofa atau Berbaring di Tempat Tidur Sebelum Waktu Istirahat
saya menyebutnya comfort zone (zona nyaman)
Apabila masih ada tugas atau pekerjaan yang belum Anda selesaikan makan percepat proses pengerjaannya. Di samping itu jangan melakukan hal yang akan mendatangkan rasa malas seperti duduk-duduk di sofa untuk meluruskan kaki atau berbaring di ranjang meski dengan alasan untuk beristirahat sebentar.
Tanpa Anda sadari kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas akan memancing rasa malas yang akut dan sulit untuk dihilangkan karena telah menjadi sebuah kebiasaan rutin. Apabila Anda keasyikan duduk di sofa sambil menonton TV, akibatnya pekerjaan yang seharusnya selesai hari ini akan terbengkalai akibat Anda beristirahat dahulu sebelum waktunya.









sumber:"http://sarungpreneur.com/21-tips-sakti-cara-menghilangkan-rasa-malas/"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar