Sabtu, 21 November 2015

Tujuh (7) Manfaat Madu bagi Kesehatan

1. Sebagai Anti-alergi

Menurut Dr. Matthew Brennecke, seorang  dokter naturopati di Fort Collins, Colorado menyatakan bahwa madu merupakan vaksin alami yang dapat memicu respon immune yang dapat menghasilkan antibodi untuk menangkal terjadinya alergi dalam tubuh. Selain itu, efek anti-inflamasi yang terdapat dalam madu juga memiliki kemampuan untuk menenangkan batuk serta dapat mengurangi gejala alergi musiman.
 

2. Sebagai Sumber Energi
Dalam setiap sendok madu terdapat sekitar 17 gram karbohidrat yang nantinya akan diproses menjadi  fruktosa serta glukosa yang langsung dapat diserap oleh darah untuk dapat memberikan dorongan energi dengan cepat. Kenaikan gula darah bertindak sebagai sumber energi jangka pendek untuk menghasilkan daya tahan lebih lama.





3. Meningkatkan Memori
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu dapat membantu mencegah kerusakan sel dalam otak. Sebuah studi  yang dilakukan pada tahun 2011 menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi sesendok madu setiap hari dapat meningkatkan memori pada wanita yang memasuki masa menopause serta dapat memberikan terapi alternatif untuk penurunan intelektual yang berhubungan dengan hormon. Selain itu, manfaat madu juga dapat membantu penyerapan kalsium yang sangat diperlukan organ otak.




4. Penekan Gangguan Batuk
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal pediatrick pada tahun 2012 menyatakan bahwa madu dapat dijadikan obat alternative untuk mengatasi gangguan pilek dan batuk. Cairan kental serta rasa manuis dalam madu dapat melindungi tenggorokan dari serangan batuk yaitu dengan memicu ujung saraf . Madu juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan bagian atas.




5. Mengatasi Gangguan Tidur
Manfaat lebah juga terdapat dalam madu memiliki sifat yang mirip dengan gula, yaitu dapat menyebabkan kenaikan insulin dan melepaskan serotonin untuk meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan. Madu mengandung asam amino, termasuk tryptophan yang kemudian diubah menjadi serotonin dan kemudian ke melatonin.
Menurut Rene Ficek, ahli diet serta ahli gizi ahli gizi di Seattle Sutton Makan Sehat di Chicago, Illinois menyatakan bahwa tubuh mengubah serotonin ke melatonin, senyawa kimia yang dapat mengatur kualitas tidur.

 
6. Menghilangkan Ketombe
Menurut sebuah study yang diterbitkan European Journal of Medical Research pada tahun 2001 menyatakan bahwa  menerapkan madu yang telah diencerkan dengan air hangat pada daerah kulit kepala, dapat membantu mengatasi rasa gatal yang terjadi akibat timbulnya ketombe serta kerontokan pada rambut. Sifat antibakteri dan antijamur yang terdapat dalam madu juga dapat mengatasi gangguan dermatitis seboroik. Sifat anti-inflamasi dalam madu dapat mengatasi kemerahan dan rasa gatal-gatal pada kulit kepala.


7. Menyembuhkan luka bakar
Sifat  antibiotik alami yang terdapat dalam madu mampu dalam berbagai macam pengobatan baik internal maupun eksternal. Madu dapat digunakan sebagai pengobatan konvensional untuk luka dan luka bakar sebagai  desinfektan luka. Menurut Dr Diane Radford, seorang ahli onkologi bedah payudara di St Louis, Mo, mengatakan bahwa madu memiliki sifat antibakteri untuk penyembuhan luka.








seumber:'http://manfaat.co.id/manfaat-lebah-bagi-manusia'
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar